Penyebab stress sebab pekerjaan di daerah kerja atau di kantor dan tanda ciri gejala stress tentunya tidak sedikit dialami oleh para pegawai karyawan dalam menjalankan pekerjaan sehari-harinya di daerah kerjanya masing-masing.
Pekerjaan di kantor yang memang tidak ada habisnya ditambah dengan tekanan beban pekerjaan atau dikejar target deadline yaitu merupakan salah satu dari penyebab stres sebab pekerjaan di kantor.
Stress yaitu merupakan bukan yang termasuk di dalam jenis penyakit , namun kalau tidak cepat mencari cara mengatasi stress tanggapan kerja tersebut akan dapat mengakibatkan persoalan bagi kesehatan.
Jika stress yang kita alami yaitu bersumber dari pekerjaan atau daerah kerja. Stress yang sumbernya yaitu sebab pekerjaan atau daerah kerja bisa dihindari dan diatasi. Ini penting supaya produktivitas kita sebagai pegawai atau pun karyawan untuk perusahaan atau instansi daerah kita bekerja tidak dirugikan.
Tanda gejala stres sebab pekerjaan dapat diketahui dan dikenali oleh kita diantaranya yaitu antara lain kurang konsentrasi , timbul ketegangan dan kecemasan dalam bekerja , perubahan suasana hati , cepat emosi oleh sebab hal-hal yang kecil di dalam kantor dan sebagainya.
Terkadang pemicu stress di kantor tidak hanya datang dari atasan kita , rekan kerja kita , atau pun bahkan oleh sebab lingkungan kantor.
Masalah bisa juga datang dari diri Anda sendiri , ditambah rasa bosan terhadap kegiatan yang dilakukan secara berulang setiap hari.
Salah satu kebiasaan menyerupai menunda pekerjaan , bukan hanya berakibat pekerjaan jadi menumpuk atau acara kerja menjadi padat. Sehingga seseorang merasa stres dan lelah di kantor.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress tanggapan kerja , antara lain yaitu sebagai berikut :
Memahami Tugas , Kewajiban , Dan Fungsi Kita Di Kantor
Ketika kita diangkat menjadi karyawan sebuah perusahaan atau instansi sebab mereka membutuhkan kita. Mereka menggaji kita untuk itu , bukan sebab hal yang lain. Oleh sebab itu , kita sebagai karyawan pegawai harus memahami sepenuhnya apa sebetulnya peran , kewajiban , dan fungsi kita bagi perusahaan daerah kita bekerja.
Bekerja lebih dari peran , kewajiban dan tanggung jawab kita yaitu hal yang mengagumkan untuk perusahaan atau daerah bekerja , akan tetapi sesuaikanlah dengan kemampuan diri kita masing-masing. Jangan mengorbankan diri secara berlebihan.
Makan Sehat
Makan makanan yang sehat menyerupai sayur dan buah-buahan akan menghindarkan diri kita dari stres. Sayur-sayuran terutama sayuran hijau mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan produksi neurotransmitter , yang mana hal tersebut akan bisa membantu mencegah bahkan meredakan stres , dan meningkatkan mood kita dalam bekerja.
Selain itu , makan pada waktu yang sempurna juga dapat membantu kita dalam meredakan stres atau bahkan depresi sebab kerja.
Mendengarkan Musik
Disela-sela pekerjaan , dengarkanlah musik favorit kita dengan menggunakan earphone supaya tidak mengganggu sahabat kerja lainnya di dalam kantor atau pun daerah kita bekerja.
Hal ini akan membantu kita untuk menjadi lebih rileks dan kalem dalam menjalai pekerjaan dan tentunya mengurangi tingkat stres. Selain itu , musik juga dapat membuat mood kita menjadi lebih baik.
Bekerja Sama Dan Toleransi Dengan Rekan Kerja
Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa kita masing-masing sebagai orang dan individu yaitu merupakan langsung yang unik.
Contoh mudahnya yaitu bila beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya. Pahami dulu bagaimana cara kita bekerja , apakah harus dibawah tekanan atau pun dalam keadaan relax kita bisa bekerja dengan baik.
Cukup Istirahat Tidur Dan Teratur
Tidur yaitu waktu dikala seseorang mengisi ulang otak dan tubuh. Karenanya , kualitas dan jumlah tidur yang didapatkan akan mensugesti suasana hati , tingkat energi , konsentrasi dan fungsi badan secara keseluruhan.
Untuk itu penting juga kita memperhatikan akan kualitas kuantitas tidur yang baik untuk kesehatan. Karena dengan istirahat yang cukup akan sangat mendukung kita bekerja dengan baik dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kita sehari-hari.
Berpikir Positif
Jika Anda diberikan banyak pekerjaan oleh atasan , berpikirlah bahwa atasan Anda mempercayai dan menganggap Anda memiliki kemampuan yang lebih. Dan kalau Anda mendapat kritikan dari atasan ataupun rekan kerja , anggap saja mereka peduli dengan Anda dan berharap Anda dapat menjadi orang yang lebih baik lagi.
Dengan selalu berpikir konkret dalam menanggapi segala sesuatu , pikiran Anda akan jauh lebih damai dan terjauh dari rasa stres.
Melakukan Aktifitas Yang Ringan
Cara mengatasi stres kerjaan salah satunya yaitu dengan melaksanakan kegiatan ringan menyerupai berjalan kalem untuk sekedar mencari udara segar. Terlalu lama bekerja dalam ruangan dapat mengakibatkan kebosanan yang dapat memicu stress.
Karena menerima udara yang lebih segar dibandingkan dikala berada dalam ruangan akan membuat badan semakin rileks dan merupakan salah satu cara mengatasi tekanan kerja yang efektif. Sehingga dikala kembali ke daerah kerja , badan akan fresh untuk kembali melanjutkan pekerjaan.
Menjadi Diri Kita Sendiri
Stress di daerah kerja juga dapat diakibatkan oleh rasa keterpaksaan. Sebagai karyawan mungkin sulit untuk menolak pekerjaan yang diberikan oleh atasan. Tetapi kalau memungkinkan untuk menolak kalau pekerjaan tidak sesuai dengan diri kita , maka lebih baik menolaknya.
Menjadi diri sendiri merupakan salah satu cara menangani tekanan kerja yang dapat dilakukan. Karena melaksanakan sesuatu dalam keterpaksaan atau tidak sesuai dengan apa yang kita bisa lakukan dapat pula mengakibatkan stress.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar