Yang dimaksud dengan pengertian Pendidikan anak usia dini (PAUD) yakni sebuah jenjang pendidikan belum dewasa sebelum memasuki jenjang pendidikan dasar yang sebenarnya. Yang dalam hal ini tujuan pendidikan usia dini yakni merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak semenjak lahir hingga dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pinjaman rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani semoga anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut , yang diselenggarakan baik itu yang diselenggarakan secara jalur formal , nonformal , atau pun secara informal.
Masyarakat kita telah begitu peduli akan nasib pendidikan belum dewasa pra sekolah ini. Hal ini terbukti dengan berkembang pesatnya lembaga-lembaga pendidikan bagi belum dewasa usia balita menyerupai kelompok bermain (play group) ,taman kanak-kanak dan sekolah dasar , baik yang dikelola yayasan maupun banyak sekali lembaga keagamaan. Pendidikan anak usia dini sendiri tidak ditekankan semata kepada pinjaman stimulus pengayaan pengetahuan anak , tetapi lebih diarahkan kepada pengembangan potensi dan daya kreatifitas anak , dan yang sangat penting yakni pada pembentukan sikap mental dan kepribadian anak yang berlandaskan pada nilai-nilai ajaran agama.
Ada beberapa tujuan diadakannya pendidikan pra sekolah semacam pendidikan anak balita dalam usia yang dini. Tujuan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini ini yaitu :
- Usaha dalam rangka membentuk anak Indonesia yang berkualitas , yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal saat telah memasuki pendidikan dasar serta dalam rangka mengarungi kehidupan pada masa cukup umur nantinya.
- Usaha untuk membantu dalam persiapan menghadapi kesiapan berguru yang sesungguhnya dalam pendidikan akademik di sekolahnya nanti.
Menurut beberapa penelitian sebagian anak menerima manfaat pendidikan usia dini. Pada dasarnya sekolah menunjukkan jaminan pada orang renta bahwa mereka akan menjaga sang anak aman di sekolah. Di antara tujuan utama dari pendidikan anak usia dini yakni onset awal dalam memperkenalkan proses berguru mereka. Keterampilan guru sangat penting dalam pendidikan anak usia dini. Kesabaran dan keanekaragaman dibutuhkan dalam menjaga belum dewasa kecil tertarik untuk berguru dan mengetahui akan banyak sekali macam pengetahuan dasar bagi anak-anak. Dan juga melatih serta mengasah akan bakat anak juga.
Pemerintah dalam hal ini telah menetapkan pedoman spesifik dan standar pendidikan anak. Pendidikan di tahun-tahun anak usia dini cenderung untuk fokus pada keterampilan motorik dan "bermain" tanpa diharuskan untuk menguasai ketrampilan atau pun pengetahuan khusus lainnya. Anak-anak di tahun-tahun berguru sangat melalui 'bermain' itu sendiri. Karena memang dunia anak yakni dunia bermain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar